Sabtu, 05 Oktober 2024

Wujudkan Rumah Nyaman Listrik Aman, Ini Tipsnya

 


Rumah yang nyaman tentunya harus aman, salah satu faktor utama penyumbang kenyamanan rumah adalah keamaan, khususnya keamanan pada instalasi listrik.

"Tren hunian modern tidak terlepas dari dua hal, yang pertama yaitu personalisasi desain interior (penghuni rumah biasanya mengedepankan karakter personalnya ketika menentukan tata layout rumah, pemilihan warna dan sebagainya). Dan yang kedua adalah gaya hidup yang serba listrik (mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi kehidupan kita tidak terlepas dari penggunaan listrik (seperti pada peralatan elektronik yang ada didalam rumah)" ujar M. Farhan Lucky selaku Business Vice President, Home and Distribution Schneider Electric Indonesia pada acara Innovation Talk : Rumah Nyaman, Listrik Aman pada Rabu (2/10).

Acara talkshow yang digelar di Alila SCBD Jakarta ini juga dihadiri oleh Ranu Scarvia Ria Fitri M.Sn, selaku Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta serta pasangan selebriti Nana Mirdad dan Andrew White sebagai pemilik hunian modern kekinian.


Ki-ka : M. Farhan Lucky, Nana Mirdad, Andrew White, 
Ranu Scarvia Ria Fitri M.Sn,


Listrik telah menjadi energi yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Memasang instalasi listrik rumah yang aman dari persoalan kelistrikan seperti korsleting pastinya membutuhkan perhatian tehadap pemilihan komponen listrik yang tepat dan berkualitas seperti produk dari merek terpercaya yang telah memenuhi standar keselamatan.

Tak hanya sekadar memasang instalasi listrik saja, penghuni juga sebaiknya secara berkala mengecek komponen-komponen kelistrikannya apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, minimal tiga bulan sekali.

Schneider Electric secara global sudah eksis selama 188 tahun di dunia dan 51 tahun di Indonesia yang bergerak di sektor energi managemen dan otomasi industri. Schneider Electric memiliki banyak sekali produk-produk yang inovatif dan berkualitas tinggi, salah duanya adalah MCB, sakelar, stop kontak dan lain-lain.

Ranu Scarvia memaparkan bahwa ditahun 2024 dan 2025 kita akan melihat tren yang semakin mengarah pada personalisasi yang mendalam. Fokus pada penggunaan material yang berkelanjutan, teknologi pintar  dan elemen desain yang menciptakan ruang yang tidak hanya estetik tetapi juga fungsional dan penuh makna.

Tentunya bukan hanya sekadar indah, namun juga tetap aman, untuk itu pemilihan material, furniture dan pencahayaan ruangan perlu memenuhi standar keamanan dan keselamatan.  

Komponen listrik seperti sakelar kini bukan hanya soal fungsi, tetapi juga menjadi elemen penting dalam personalisasi dan detail desain interior.

Schneider Electric selalu menciptakan inovasi baru dan kali ini Schneider Electric memperkenalkan produk-produk terbarunya untuk beragam kebutuhan ‘rumah ideal’ seperti :


AvatarOn


Siap Mengubah Suasana dan Membawa Imaginasi Anda ke Reality

  • Award winning design
AvatarOn memenangkan penghargaan bergengsi iF Design Award 2017, yang merupakan salah satu pengakuan desain paling terkemuka di dunia untuk keunggulan desain, kualitas dan kepercayaan.
  • Costumizable cover
AvatarOn adalah rangkaian sakelar dan stop kontak revolusioner yang membawa personalisasi ke tahap berikutnya dengan teknologi pencetakan digital premium
  • Built to last
Dengan lebih dari 40.000 kali penggunaan dan lebih dari 10.000 pencolokan untuk stop kontak, AvatarOn menjamin ketahanan, penggunaan yang aman dan kinerja internal yang dapat diandalkan.

RCCB/ELCB Domae

Perlindungan dari Bahaya Kesetrum

Residual Current Circuit Breaker (RCCB) adalah perangkat listrik yang mampu mencegah bahaya setrum pada penghuni rumah.
  • Sensitivitas 30mA & 300mA
RCCB Domae sensitivitas 30mA untuk perlindungan manusia, sensitivitas 300mA untuk perlindungan aset atau mesin.
  • Tombol test yang mudah diakses
Untuk memeriksa apakah RCCB/ELCB Domae berfungsi dengan baik setelah selesai instalasi, tersedia tombol test yang dapat dengan mudah diakses dan ditekan.
  • Sudah wajib digunakan berdasarkan PUIL 2020






MCB Domae

Melindungi Rumah dari Bahaya Kebakaran Akibat Korsleting

Miniature Circuit Breaker (MCB) didesain untuk melindungi jaringan instalasi listrik dari beban berlebih (overload) dan hubungan singkat (short circuit) yang bisa mengakibatkan kebakaran. Baik untuk di rumah, apartemen, ruko, perkantoran dan bangunan lainnya.
  • Breaking Capacity 6.000A (6kA)
Pada saat terjadi arus pendek (korsleting), arus akan melonjak sangat tinggi. MCB Domae mampu menahan korsleting hingga 6.000A.
  • Daya Tahan Mekanikal 20.000 kali & Elektrikal 10.000 kali
MCB Domae memiliki daya tahan mekanikal (MCB dioperasikan on dan off TANPA aliran listrik) sebesar 20.000 kali dan daya tahan elektrikal (MCB dioperasikan on dan off DENGAN aliran listrik) sebesar 10.000 kali.
  • MCB Domae sudah bersertifikat SNI.


EVlink Home


Mudahnya Lakukan Pengisian Daya Mobil Listrik di Rumah

Transisi menuju era mobilitas listrik sudah dimulai! Inilah yang mendorong Schneider Electric menyediakan berbagai Solusi lengkap mengenai pengisian daya mobil listrik (EV) di rumah dengan praktis dan meminimalkan kelebihan saya. EVlink Home juga terintegrasi dengan berbagai produk Schneider Electric untuk mengatur pengisian daya dari mana saja.
  • Pengisian Mudah
Hadir dengan model wall mounting yang mudah dipasang di dinding dan untuk commissioning.
  • Management Energi
Opsi manajemen energi eksklusif : pengendalian arus pengisian maksimuk real-time (dengan penambahan system anti-tripping eksternal)
  • Green Premium
Mematuhi standard ROHS, Reach, EoLi (End of Life Process) dan Product Environment Profile
  • Sertifikasi Lengkap
EVlink Home telah memperoleh sertifikat uji dan menetapkan kepatuhan dengan standar IEC 61851-1


Tips Mendesain Rumah Yang Nyaman dan Aman ala Nana Mirdad & Andrew White


Nana Mirdad dan Andrew White 


Menciptakan lingkungan listrik yang aman dan dapat diandalkan di rumah adalah prioritas utama keselamatan penghuni rumah, begitu pula dengan pasangan selebriti Nana Mirdad dan Andrew White yang saling sharing tentang desain rumah ideal mereka yang nyaman dan aman :

1. Kompromi
Harus ada kompromi atau mendiskusikan bersama anggota keluarga kebutuhan ruangnya apa saja.

2. Tentukan tema
Pastikan tiap anggota keluarga sudah mengetahui keinginan temanya seperti apa, untuk detail terkecil misalnya untuk pemilihan sakelar pilihlah yang sudah ok desainnya.

Seperti sakelar AvatarOn desainnya seemless, bisa masuk ke desain yang minimalis atau klasik juga bisa.

3. Saling give and take
Dalam pemilihan warna pun tiap anggota keluarga bisa saling memberikan sarannya, bisa juga menyampaikan kebutuhan desain seperti apa agar lebih nyaman di rumah.

"Ini bukan rumah kita pribadi, ini adalah rumah untuk kita berdua dan untuk anak-anak", ungkap Nana & Andrew.


Saya bersama Komunitas Emak-Emak Blogger (KEB)

Harapannya adalah rangkaian solusi dari Schneider Electric ini dapat menginspirasi para pemilik rumah bahwa desain yang baik untuk setiap ruangan di dalam rumah, termasuk desain dan penggunaan listrik yang baik pula.

Secara nyata dapat membuat rumah menjadi lebih hidup, nyaman dan aman ditinggali, sehingga kualitas hidup kita pun menjadi lebih meningkat.

Nah, sekarang kita semua sudah lebih paham kan ya mengenai penting perlindungan dan proteksi listrik di hunian kita. Oleh sebab itu, mulai saat ini yuk gunakan komponen listrik Schneider Electric yang dirancang tetap aman dari potensi bahaya-bahaya kelistrikan.


8 komentar:

  1. omg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Selain dirancang agar aman penggunaannya, desain Schneider Electric juga bagus-bagus ya

    BalasHapus
  3. Tulisan yang sangat menginspirasi

    BalasHapus
  4. Jadi banyak insight deh ikutan talkshow nya, yang tadinya ngga terlalu aware sama urusan listrik, jadi sedikit paham dan mulai aware. Ternyata listrik bukan sekadar urusan bapak bapak yaa

    BalasHapus
  5. Benar sekali Mba, rumah yang nyaman adalah yang aman. Nah listrik sih yang paling ngaruh.. Thank you Mba sharingnya

    BalasHapus
  6. Huniannya nyaman, karena listrik nya nyaman . Pas banget deh..jadi gak worry2 lagi yah

    BalasHapus
  7. Rumah Nyaman Listrik aman seperti pasang sakelar dari Schneider electric ini bagus banget manfaatnya

    BalasHapus
  8. Listrik aman paling penting sih, soalnya banyak kasus kebakaran rumah akibat kosnleting listrik. Duh ngerilah bahaya listrik gak aman tuh.

    BalasHapus